Loading

Selasa, 28 Januari 2014


GAMBARAN PELAKSANAAN ASUHAN SAYANG IBU PADA PERSALINAN NORMAL

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Asuhan sayang ibu adalah asuhan yang menghargai budaya, kepercayaan dan keinginan sang ibu. Cara yang paling mudah membayangkan mengenai asuhan sayang ibu adalah dengan menanyakan pada diri kita sendiri, “seperti inikah asuhan yang ingin saya dapatkan?” atau “apakah asuhan yang seperti ini yang saya inginkan untuk keluarga saya yang sedang hamil?” (P2KS, 2007).
Asuhan sayang ibu terpusat pada ibu dan bukan pada petugas kesehatan, dan selalu melihat dahulu kecara pengobatan yang sederhana dan non interventive sebelum berpaling keteknologi (Pusdiknakes, 2003).
Persalinan adalah saat yang menegangkan dan menggugah emosi ibu dan keluarganya, malahan dapat pula menjadi saat yang menyakitkan dan menakutkan bagi ibu. Untuk meringankan kondisi tersebut, bidan harus bisa memastikan bahwa setiap ibu akan mendapatkan asuhan sayang ibu selama persalinan (JNPK-KR, 2004).
Di seluruh Negara masih banyak kekurangan tenaga kesehatan yang professional guna menolong persalinan pada setiap ibu yang hendak bersalin, sehingga ibu-ibu yang tidak mau meminta pertolongan tenaga penolong persalinan terlatih untuk memberikan perawatan selama mereka dalam proses persalinan dan menolong proses kelahiran mereka. Sebagian dari alasan mereka adalah karena penolong persalinan yang sudah terlatih tersebut tidak memperhatikan kebutuhan mereka, tradisi maupun kebutuhan pribadi mengenai bagaimana keinginan mereka saat persalinan dan kelahiran bayinya (Pusdiknakes, 2001).lihat selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar